Info Madrasah |
Monday, 20 May 2024
  • | Libur Hari Raya Idul Fitri 19 April s.d 2 Mei 2023 | MTsN 3 Lebak Membuka Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023-2024 | Awal Tahun Pelajaran 2023-2024 Akan di laksanakan pada tanggal 17 Juli 2023 (Peserta Didik baru akan melaksankana MATSAMA selama 5 hari)

Sasaran Kinerja Pegawai Kementerian Agama Melalui Laman E-Kinerja

Diterbitkan : - Kategori : MTsN 3 Lebak

Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) adalah rencana kerja dan target yang harus dicapai oleh pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dalam satu tahun. SKP merupakan bagian dari sistem manajemen kinerja yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, produktivitas, dan akuntabilitas pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsi mereka.

Untuk memudahkan penyusunan, pelaporan, dan penilaian SKP, Kementerian Agama (Kemenag) telah mengembangkan laman e-Kinerja yang dapat diakses oleh seluruh pegawai di lingkungan Kemenag. Laman e-Kinerja ini terintegrasi dengan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SI-ASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) Kemenag.

Salah satu unit kerja yang telah menggunakan laman e-Kinerja ini adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Lebak, Banten. Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 3 Lebak, D Fauzan Firdaus, mengatakan bahwa laman e-Kinerja ini sangat membantu dalam mengelola kinerja pegawai di madrasahnya.

“Sejak menggunakan laman e-Kinerja, kami dapat menyusun SKP secara online dan terintegrasi dengan data pegawai yang ada di SI-ASN dan SIMPEG. Kami juga dapat melihat perkembangan kinerja pegawai secara real time dan mendapatkan umpan balik dari atasan. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan kedisiplinan pegawai,” ujar Kamad.

Kamad menambahkan bahwa laman e-Kinerja juga memudahkan dalam melakukan evaluasi dan tindak lanjut kinerja pegawai. “Kami dapat melihat hasil penilaian kinerja pegawai yang dilakukan oleh atasan dan memberikan saran dan masukan untuk perbaikan. Kami juga dapat melihat rekomendasi pengembangan kompetensi dan karier pegawai yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi mereka,” tutur Kamad.

Kepala Tata Usaha (KTU) MTsN 3 Lebak, Drs Hilmudin, juga mengapresiasi penggunaan laman e-Kinerja ini. Ia mengatakan bahwa laman e-Kinerja ini sangat efisien dan efektif dalam menghemat waktu, biaya, dan tenaga. “Kami tidak perlu lagi membuat SKP secara manual yang membutuhkan banyak kertas dan tinta. Kami juga tidak perlu lagi mengirimkan SKP ke atasan secara fisik yang membutuhkan banyak biaya transportasi dan resiko kehilangan. Kami cukup mengakses laman e-Kinerja melalui komputer atau smartphone dan mengirimkan SKP secara online,” jelas KTU.

See also  Rutinitas Mingguan : Muhadhoroh dan Sholat Dhuha Berjamaah

KTU berharap bahwa laman e-Kinerja ini dapat terus dikembangkan dan disempurnakan oleh BKN. “Kami berharap ada fitur-fitur tambahan yang dapat mempermudah kami dalam mengelola kinerja pegawai, seperti fitur pengingat, notifikasi, grafik, dan lain-lain. Kami juga berharap ada sosialisasi dan bimbingan teknis yang lebih intensif dan berkelanjutan dari Kemenag agar kami dapat menggunakan laman e-Kinerja ini dengan optimal,” harap KTU.

Di Provinsi Banten, semua madrasah khususnya MTsN 3 Lebak telah menggunakan laman e-Kinerja dalam penyusunan SKP. Hal ini menunjukkan komitmen dan keseriusan madrasah dalam meningkatkan kinerja pegawai sesuai dengan visi dan misi Kemenag. Dengan demikian, diharapkan madrasah dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan profesional kepada masyarakat.