Info Madrasah |
Monday, 20 May 2024
  • | Libur Hari Raya Idul Fitri 19 April s.d 2 Mei 2023 | MTsN 3 Lebak Membuka Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023-2024 | Awal Tahun Pelajaran 2023-2024 Akan di laksanakan pada tanggal 17 Juli 2023 (Peserta Didik baru akan melaksankana MATSAMA selama 5 hari)

MTsN 3 Lebak Mengadakan MGMP Peningkatan Kompetensi Guru dengan Tema : Langkah Guru Menyambut Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah

Diterbitkan : - Kategori : MTsN 3 Lebak

Pada hari ini Selasa, 27 Juni 2023, MTsN 3 Lebak mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Peningkatan Kompetensi Guru dengan tema “Langkah guru menyambut implementasi kurikulum merdeka di madrasah”. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan persiapan kepada guru-guru madrasah tentang kurikulum merdeka yang akan diterapkan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2023/2024.

Kurikulum merdeka di madrasah adalah kurikulum yang memberi ruang kreativitas dan inovasi kepada madrasah dalam mengembangkan kurikulum operasional pada tingkat satuan pendidikan. Kurikulum ini terdiri dari kurikulum mata pelajaran selain PAI dan Bahasa Arab yang disusun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, kurikulum mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab khusus madrasah yang dikembangkan oleh Kementerian Agama, dan nilai-nilai kekhasan madrasah yang dikembangkan oleh madrasah.
Acara MGMP Peningkatan Kompetensi Guru ini menghadirkan dua pemateri yang ahli di bidang kurikulum merdeka, yaitu Bapak Iyan Hayani, M.Pd. dan Ibu Ajeng Kamelia, M.Pd. Kedua pemateri ini memberikan materi tentang konsep, prinsip, tujuan, manfaat, tantangan, dan strategi implementasi kurikulum merdeka di madrasah. Selain itu, mereka juga memberikan contoh-contoh praktis tentang bagaimana madrasah dapat mengembangkan kurikulum operasional yang sesuai dengan karakteristik, potensi, dan keunggulan madrasah.
Acara ini dilaksanakan di Aula MTsN 3 Lebak dan dihadiri oleh seluruh guru madrasah. Acara ini juga dibuka oleh kepala madrasah Ade Iwan Setiawan, M.M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa acara ini merupakan salah satu upaya MTsN 3 Lebak untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di madrasah. Beliau juga mengharapkan agar guru-guru dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan berdiskusi tentang kurikulum merdeka di madrasah.
Acara MGMP Peningkatan Kompetensi Guru ini berlangsung selama satu hari dengan metode ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, dan simulasi. Acara ini mendapat respons positif dari para peserta yang antusias mengikuti setiap sesi.
Acara ini merupakan kelanjutan dari MGMP sebelumnya, yang fokus pada pembuatan CP (Capaian Pembelajaran), TP (Tujuan Pembelajaran), dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). Pada acara ini, para guru melanjutkan ke tahap pembuatan Modul Ajar dan KOM (Kurikulum Operasional Madrasah).
Pembuatan Modul Ajar merupakan langkah penting dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di madrasah. Modul Ajar adalah panduan atau petunjuk bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Modul ini mencakup tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran, materi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Dengan adanya Modul Ajar, guru dapat menyampaikan materi secara terstruktur dan efektif kepada siswa.

See also  Semangat Tinggi Siswa MTsN 3 Lebak dalam Mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

Selain pembuatan Modul Ajar, guru juga fokus pada pengembangan KOM atau Kurikulum Operasional Madrasah. KOM adalah kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik madrasah tertentu. Guru-guru bekerja sama untuk merancang KOM yang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan pendidikan madrasah. KOM mencakup penjabaran Capaian Pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran, dan penilaian.
Melalui acara MGMP ini, diharapkan guru-guru di MTsN 3 Lebak dapat meningkatkan kompetensinya dalam menyambut implementasi kurikulum merdeka di madrasah. Dengan adanya Modul Ajar dan KOM yang baik, diharapkan proses pembelajaran di madrasah dapat berjalan lebih efektif dan siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal.