Info Madrasah |
Monday, 20 May 2024
  • | Libur Hari Raya Idul Fitri 19 April s.d 2 Mei 2023 | MTsN 3 Lebak Membuka Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023-2024 | Awal Tahun Pelajaran 2023-2024 Akan di laksanakan pada tanggal 17 Juli 2023 (Peserta Didik baru akan melaksankana MATSAMA selama 5 hari)

MTsN 3 Lebak Melaksanakan MGMP Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka: Penyusunan CP, TP, ATP, dan Modul Ajar

Diterbitkan : - Kategori : IKM / MTsN 3 Lebak

Lebak, 22 Mei 2023 – MTsN 3 Lebak kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan melaksanakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai persiapan implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Madrasah, Bapak Ade Iwan Setiawan, M.M.Pd., dan dihadiri oleh seluruh guru dan staf MTsN 3 Lebak. Pengawas MTsN 3 Lebak, Bapak Iyan Hayani, M.Pd., bertindak sebagai pemateri pada kegiatan ini.

IKM

Implementasi Kurikulum Merdeka menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh sekolah-sekolah di Indonesia. Oleh karena itu, MTsN 3 Lebak mengadakan MGMP sebagai forum kolaboratif bagi para guru untuk bersama-sama menyusun dan mempersiapkan Cara Pembelajaran (CP), Tahap Pembelajaran (TP), Alat Tindak Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah, Bapak Ade Iwan Setiawan, M.M.Pd., menyampaikan pentingnya kolaborasi antara guru dan staf dalam menjalankan Kurikulum Merdeka. Beliau juga menekankan bahwa persiapan yang baik akan mempermudah pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MTsN 3 Lebak.

Pengawas MTsN 3 Lebak, Bapak Iyan Hayani, M.Pd., memimpin jalannya MGMP dengan memberikan arahan dan pedoman kepada para guru. Ia menyampaikan bahwa proses penyusunan CP, TP, ATP, dan Modul Ajar perlu memperhatikan kerangka dasar Kurikulum Merdeka serta mengacu pada kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

Selama kegiatan MGMP, para guru dan staf MTsN 3 Lebak aktif terlibat dalam diskusi dan bermusyawarah. Mereka saling berbagi pengalaman, ide, dan saran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah. Diskusi ini menjadi wadah yang efektif untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang Kurikulum Merdeka dan untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

ikm 2

Penyusunan CP, TP, ATP, dan Modul Ajar yang dilakukan dalam MGMP ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran di MTsN 3 Lebak. CP akan memuat langkah-langkah detail tentang bagaimana proses pembelajaran akan dilakukan, termasuk penggunaan sumber belajar yang relevan dan metode pembelajaran yang inovatif. TP akan merinci tahapan pembelajaran yang meliputi pemetaan kompetensi, strategi pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. ATP akan menggambarkan berbagai alat yang digunakan dalam proses pembelajaran, seperti media pembelajaran, alat praktik, dan alat evaluasi. Modul Ajar akan berfungsi sebagai panduan bagi guru dan siswa dalam proses belajar-mengajar.

See also  Semangat Peserta Didik Baru Mengikuti KBM Hari Pertama: Upacara Bendera dan Sholat Dzuhur Berjamaah di Lapangan MTsN 3 Lebak

Dalam era perubahan yang cepat dan kompleks seperti saat ini, penyusunan CP, TP, ATP, dan Modul Ajar melalui MGMP menjadi langkah strategis untuk memastikan pembelajaran yang efektif dan relevan bagi siswa. MTsN 3 Lebak telah menunjukkan keseriusannya dalam mempersiapkan guru-guru yang berkualitas dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang Kurikulum Merdeka.