Info Madrasah |
Monday, 20 May 2024
  • | Libur Hari Raya Idul Fitri 19 April s.d 2 Mei 2023 | MTsN 3 Lebak Membuka Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023-2024 | Awal Tahun Pelajaran 2023-2024 Akan di laksanakan pada tanggal 17 Juli 2023 (Peserta Didik baru akan melaksankana MATSAMA selama 5 hari)

MTsN 3 Lebak Gelar LDKS Membentuk Calon Pemimpin Bermoral

Diterbitkan : - Kategori : MTsN 3 Lebak

MTsN 3 Lebak menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) dengan tema “Membentuk Calon Pemimpin yang Bermoral, Berakhlakul Karimah dan Bertanggung Jawab” pada tanggal 7-8 November 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 51 siswa-siswi kelas VII dan VIII yang terpilih sebagai calon pengurus OSIS di madrasah ini.
Kegiatan LDKS ini dibuka secara resmi oleh Kepala Madrasah bapak Dian Fauzan Firdaus, M.M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa tujuan dari LDKS ini adalah untuk membekali siswa-siswi dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang baik di masa depan. Beliau juga berharap bahwa siswa-siswi dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, antusias, dan penuh tanggung jawab.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh wakil kepala bidang kesiswaan bapak Hendi Sudarman, wakil kepala bidang sarana prasarana, dan perwakilan dari bagian tata usaha. Mereka turut memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa-siswi yang mengikuti LDKS.

Selama dua hari, siswa-siswi mendapatkan berbagai materi yang berkaitan dengan kepemimpinan, sosial, dan lingkungan. Beberapa materi yang disampaikan adalah:

  1. Kepemimpinan: materi ini membahas tentang konsep, fungsi, tipe, dan gaya kepemimpinan, serta tantangan dan solusi yang dihadapi oleh seorang pemimpin.
  2. Sosial dan Lingkungan: materi ini membahas tentang pentingnya menjalin hubungan yang harmonis dengan sesama manusia dan alam, serta cara-cara untuk berkontribusi dalam menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan yang ada di sekitar kita.
  3. Organisasi: materi ini membahas tentang struktur, fungsi, dan manajemen organisasi, serta cara-cara untuk meningkatkan kinerja dan kreativitas dalam organisasi.
  4. LKBB: materi ini membahas tentang teknik-teknik dasar baris-berbaris, seperti sikap sempurna, gerakan dasar, komando, dan formasi.
  5. Pemuda pada Era Digital: materi ini membahas tentang dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi digital bagi generasi muda, serta cara-cara untuk memanfaatkan dan menghindari bahaya dari teknologi digital.
See also  UPACARA HARI PERTAMA MASUK KELAS DAN PEMBUKAAN KEGIATAN MATSAMA TP. 2022/2023

Selain materi, siswa-siswi juga melakukan berbagai kegiatan yang menantang dan menyenangkan, seperti hiking, outbond, dan games. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk melatih fisik, mental, dan emosional siswa-siswi, serta untuk meningkatkan rasa kebersamaan, kekompakan, dan kepedulian antara sesama peserta LDKS.

Peserta dan Panitia LDKS 2023

Kegiatan LDKS ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada peserta yang berprestasi. Wakil Kepala Bidang Kesiswaan bapak Hendi Sudarman, S.Pd. kembali memberikan sambutan penutup dan ucapan selamat kepada seluruh peserta LDKS. Beliau berpesan agar siswa-siswi dapat menerapkan ilmu dan pengalaman yang didapat dari LDKS ini di kehidupan sehari-hari, khususnya di madrasah. Beliau juga mengingatkan agar siswa-siswi tetap menjaga semangat dan motivasi untuk belajar dan berprestasi.
Kegiatan LDKS ini merupakan salah satu program unggulan dari MTsN 3 Lebak yang bertujuan untuk membina dan mengembangkan potensi siswa-siswi sebagai calon pemimpin yang bermoral, berakhlakul karimah, dan bertanggung jawab. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi madrasah, masyarakat, dan bangsa.