Info Madrasah |
Monday, 17 Jun 2024
  • | Libur Hari Raya Idul Fitri 19 April s.d 2 Mei 2023 | MTsN 3 Lebak Membuka Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023-2024 | Awal Tahun Pelajaran 2023-2024 Akan di laksanakan pada tanggal 17 Juli 2023 (Peserta Didik baru akan melaksankana MATSAMA selama 5 hari)

Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama Guru MTsN 3 Lebak

Diterbitkan : - Kategori : MTsN 3 Lebak

Hari ini (Rabu, 22 Juni 2022) MTsN 3 Lebak Mengikuti Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama yang bertempat di MAN 3 Lebak Gunung Kencana. Kegiatan ini dilaksananakan oleh 3 Madrasah yaitu MAN 3 Lebak, MTsN 3 Lebak dan MTsN 5 Lebak.

Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama Guru MTsN 3 Lebak

Acara di buka oleh kepala kantor wilayah kemenag prov banten Dr. H. Nanang Faturochman, SH, S.Pd., M.Pd. Beliau menyampaikan moderat adalah cara pandang kita sikap dan praktik dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan/ mengimplementasikan esensi ajaran agama yang melindungi harkat martabat kemanusian seperti menebarkan kasih sayang, kebaikan dan kemaslahatan umat.

Empat indikator yang harus di miliki oleh orang moderat :

  1. Komitmen kebangsaan
  2. Toleransi
  3. Tolak kekerasan
  4. Menjaga tradisi kearifan lokal

Kenapa moderasi beragama penting bagi kita karena perbedaan merupakan takdir tuhan dan keberagaman fitrah bangsa indonesia. kemudian Berikanlah contoh uswah hasanah dan menebarkan kebaikan serta kebersamaan sesuai dengan ajaran Rasulullah saw.

Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama yang bertempat di MAN 3 Lebak

Acara di lanjutkan oleh H Ahmad Bahadir (Analis Kebijakan Ahli Muda Pada Fungsi Ortala dan KUB bagian Tata Usaha) beliau menyampaikan bagaimana kita mengimplementasikan Moderasi Beragama yaitu dengan cara mempererat esensi ajaran beragama, Mengelola keragaman tafsir keagamaan dengan mencerdaskan kehidupan keberagaman dan merawat keindonesiaan dengan tidak mencampuri ibadah agama lain.

Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama berjalan dengan lancar dilihat dari antusias peserta selama kegiatan berlangsung kemudian kegiatan ditutup oleh Bapak H. Badrusalam, S.Ag. kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak Beliau berpesan “Kita harus saling menghormati antar umat beragama dan moderasi harus di terapkan pada setiap madrasah”.

See also  Hari Pertama Sekolah MTsN 3 Lebak : MATSAMA dan MOP