Info Madrasah |
Monday, 20 May 2024
  • | Libur Hari Raya Idul Fitri 19 April s.d 2 Mei 2023 | MTsN 3 Lebak Membuka Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023-2024 | Awal Tahun Pelajaran 2023-2024 Akan di laksanakan pada tanggal 17 Juli 2023 (Peserta Didik baru akan melaksankana MATSAMA selama 5 hari)

Guru MTsN 3 Lebak Semangat Mengikuti Diklat Multimedia

Diterbitkan : - Kategori : MTsN 3 Lebak

Tantangan era digital telah mengubah paradigma pendidikan, dan sebagai garda terdepan di ruang kelas, guru memiliki peran sentral dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran. Untuk menghadapi perubahan ini, para guru MTsN 3 Lebak telah mengikuti Diklat Multimedia yang diselenggarakan pada tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2023 oleh Pusdiklat melalui Laman Pintar.kemenag.go.id. Diklat ini menghadirkan serangkaian materi penting yang mencakup penggunaan aplikasi editing Kinemaster, Capcut, Canva, OBS, serta pembuatan blog melalui platform WordPress.

Pemanfaatan teknologi multimedia di kelas menjadi kunci dalam menciptakan pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era digital. Oleh karena itu, Diklat Multimedia ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru dalam mengintegrasikan teknologi dan media pembelajaran ke dalam proses pengajaran.

Pengenalan Aplikasi Editing Kinemaster dan Capcut

Kinemaster dan Capcut adalah dua aplikasi populer untuk pengeditan video yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Guru MTsN 3 Lebak belajar cara menggunakan kedua aplikasi ini untuk menghasilkan video pembelajaran yang menarik dan informatif. Dengan menguasai Kinemaster dan Capcut, guru dapat membuat video pembelajaran yang lebih interaktif, menarik perhatian siswa, dan memudahkan pemahaman materi pelajaran.

Berkreasi dengan Canva untuk Materi Pembelajaran Kreatif

Canva telah menjadi alat yang populer bagi para kreator konten dan pendidik. Diklat ini membekali para guru dengan pengetahuan tentang cara menggunakan Canva untuk membuat materi pembelajaran yang kreatif dan menarik. Dengan berbagai template dan elemen desain yang mudah diakses, guru dapat membuat presentasi, infografis, poster, dan materi pembelajaran lainnya dengan tampilan yang profesional dan menarik.

Live Streaming dengan OBS untuk Pembelajaran Interaktif

Open Broadcaster Software (OBS) memungkinkan guru MTsN 3 Lebak untuk melakukan live streaming pembelajaran, yang membuka peluang untuk berinteraksi langsung dengan siswa secara virtual. Diklat ini memberikan panduan tentang cara menggunakan OBS untuk live streaming, sehingga guru dapat memberikan pelajaran interaktif dari jarak jauh dan tetap terhubung dengan siswa.

See also  MTsN 3 Lebak: Pembelajaran Fullday Dimulai pada 26 Februari

Membangun Blog dengan WordPress untuk Berbagi Pengetahuan

Selain menguasai aplikasi multimedia, Diklat ini juga membekali para guru dengan keterampilan dalam pembuatan blog melalui platform WordPress. Blog merupakan sarana yang efektif untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya pendidikan. Guru dapat memanfaatkan blog untuk menginspirasi siswa, berbagi materi pelajaran, atau berkolaborasi dengan sesama pendidik.

Antusiasme Para Guru MTsN 3 Lebak dalam Diklat Multimedia

Diklat Multimedia yang diselenggarakan oleh Pusdiklat melalui Laman Pintar.kemenag.go.id ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para guru MTsN 3 Lebak. Semangat dan antusiasme mereka dalam mengikuti pelatihan ini mencerminkan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Bapak Mohammad Assabiq, salah seorang guru peserta Diklat, berkomentar, “Diklat ini memberikan kami wawasan baru tentang penggunaan teknologi dan multimedia dalam pembelajaran. Kami merasa semakin siap untuk menghadapi tantangan pembelajaran di era digital ini. Terimakasih Pusdiklat”

Selain Bapak Assabiq, ada juga Bapak Ahmad Furqon, S.Pd.I Beliau adalah guru mata pelajaran B. Arab di MTsN 3 Lebak. Beliau juga mengungkapkan rasa antusias dan semangatnya dalam mengikuti diklat multimedia ini. Beliau berpendapat bahwa diklat multimedia ini sangat relevan dengan kebutuhan guru di era digital saat ini.

“Saya sangat senang bisa mengikuti diklat multimedia ini. Saya merasa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang sangat penting untuk guru di era digital saat ini. Saya berharap dengan mengikuti diklat multimedia ini, saya bisa lebih efektif dan efisien dalam menyusun dan menyajikan materi pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa-siswa saya,” tutur bapak furqon.

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari Diklat Multimedia, para guru MTsN 3 Lebak siap untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik, inovatif, dan efektif bagi para siswa. Mereka telah menjadi agen perubahan di tengah perubahan zaman, dan semangat mereka dalam mengadopsi teknologi multimedia sebagai alat bantu pembelajaran merupakan inspirasi bagi seluruh komunitas pendidikan di Indonesia.

See also  Visi dan Misi

Semoga melalui Diklat ini, MTsN 3 Lebak dapat terus berprestasi dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang berdaya guna, mendukung perkembangan potensi siswa, dan menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul di era digital. Selamat berkarya, Guru MTsN 3 Lebak!