Info Madrasah |
Monday, 20 May 2024
  • | Libur Hari Raya Idul Fitri 19 April s.d 2 Mei 2023 | MTsN 3 Lebak Membuka Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023-2024 | Awal Tahun Pelajaran 2023-2024 Akan di laksanakan pada tanggal 17 Juli 2023 (Peserta Didik baru akan melaksankana MATSAMA selama 5 hari)

Tips Belajar Secara Daring Selama Masa PPKM

Diterbitkan :

Ini dia, 5 Tips Belajar Secara Daring Selama Masa PPKM – Pemerintah telah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dan mengharuskan kegiatan pendidikan di wilayah PPKM Level 4 masih secara daring. Karena itulah, sekarang kami akan memberikan beberapa tips belajar daring selama masa PPKM.

5 Tips Belajar Secara Daring Selama Masa PPKM

Belajar secara daring memang cukup merepotkan. Karena, menatap layar smartphone/laptop terlalu lama bisa menyebabkan kepala menjadi pusing. Terlebih lagi, banyak pelajar yang tidak terlalu serius saat proses belajar daring berlangsung.

Bagi kamu yang masih bersikap serius pada belajar daring, silahkan kamu simak beberapa tips yang akan kami berikan berikut ini. Mungkin saja tips-tips ini akan sangat membantumu dalam belajar.

1. Manfaatkan Youtube

Alih-alih menggunakan platform belajar online yang berbayar, Youtube bisa menjadi tempat belajar yang gratis. Sekarang, sudah banyak Youtuber pendidikan yang membahas tentang materi-materi pelajaran yang ada di sekolah.

Tinggal kamu ketik aja pelajaran yang ingin kemu pelajari, cari, dan akan tampil hasilnya. Selain itu, kamu pun bisa mendapatkan lebih dari 1 sumber ilmu. Jika penjelasan di channel A tidak terlalu jelas, maka kamu bisa menonton penjelasan dari channel B. Selain itu, Youtuber-youtuber pendidikan tersebut biasanya juga memberikan pembahasan soal secara lebih dalam beserta cara pengerjaan soal lebih simple.

2. Gali pelajaran lebih dalam

Ilmu itu tidak ada batasnya. Meskipun kamu menggalinya setiap hari dengan sangat dalam, tetap saja kamu tidak akan sampai batas ilmu pengetahuan. Biasanya, mayoritas pelajaran yang kamu pelajari hari ini, hanya akan kamu ingat sekitar beberapa bulan saja. Paling lama mungkin sampai 1 tahun. Dan hal itu berlaku jika kamu hanya belajar sekali saja.

Jika kamu ingin ilmu yang kamu dapat bertahan lama, kamu kamu harus menggalinya lebih dalam sampai ke akar-akarnya. Percayalah sama saya, kamu bahkan akan mudah dalam belajar matematika jika sudah tahu seluk-beluknya secara lebih mendalam.

3. Catat informasi yang penting

Saat sedang memperhatikan guru atau tutor yang sedang menjelaskan materi pelajaran, siapkan buku untuk mencatat informasi penting. Informasi penting yang harus kamu catat adalah yang tidak ditulis di papan tulis.

Selain mencatat materi standar yang diajarkan di sekolah, kamu juga bisa mencatat informasi lain yang berkaitan dengan hal tersebut. Contohnya sepertinya rumus cepat dalam pelajaran matematika. Carilah informasi tentang cara penggunaan rumus cepat tersebut di Google maupun Youtube. Setelah itu, silahkan catat, pelajari, dan gunakanlah saat kamu menemukan soal yang bisa kamu selesaikan dengan rumus cepat tersebut.

4. Jadilah selangkah lebih maju

Hal yang satu ini terbilang ekstrem dan mungkin hanya bisa dilakukan oleh kamu yang sangat rajin. Menjadi selangkah lebih maju daripada teman-temanmu merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Kamu bisa mengajari mereka bahkan sebelum guru mengajarkannya.

Setidaknya, kau harus lebih maju 1 bab saja daripada yang lainnya. Apalagi selama belajar daring ini merupakan waktu yang cocok untuk melakukan hal tersebut. Karena bisa sekaligus untuk mengisi waktu luang yang kamu punya. Alih-alih menghabiskan waktu untuk hal yang tidak berguna, kamu bisa memanfaatkannya untuk hal yang membuatmu selangkah lebih maju.

5. Kelola waktu dengan benar

Salah satu kesulitan dalam belajar daring adalah mengelola waktu. Pasalnya, belajar secara daring membuatmu memiliki waktu yang lebih fleksibel dan tidak diatur oleh sekolah seperti saat belajar secara tatap muka. Karena itulah, kemampuan dalam mengelola keuangan sangat diperlukan dalam hal ini.

Sebaiknya buatlah jadwal di catatanmu tentang apa saja yang akan kamu lakukan di hari berikutnya. Tepati jadwal tersebut dan kamu bisa belajar secara lebih efektif. Tak lupa juga untuk memberimu waktu beristirahat dari kegiatan-kegiatan belajar yang melelahkan. Dengan begitu, kamu bisa tetap tenang dan tidak merasa tertekan.

Nah itulah beberapa tips belajar secara daring selama masa PPKM yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Perlu diketahui bahwa sebaiknya gunakan saja platform belajar online berbayar seperti Ruangguru untuk mendapatkan pembelajaran yang lebih baik. Tapi, hal itu berlaku jika kamu punya cukup dana untuk berlangganan. Jika tidak, sepertinya kamu harus benar-benar memanfaatkan Youtube. (Mohammad Assabiq, S.Pd.I.)